Selamat Datang, IPv6 6-6-12

on Rabu, 06 Juni 2012

 

Bloggers, coba tebak hari ini hari apa ? Hari Rabu,6 Juni 2012 yap bener banget . emang sekarang hari rabu, tapi kamu tahu ngga ? Hari ini 6 Juni 2012 adalah Hari Peluncuran IP v 6 lho,so ucapkan Selamat Datang IPv6 ..Rolling on the floor laughing

Mungkin buat kamu yang hobi jaringan dah expert banget ya kalo bicara masalah beginian Ghost, nah tapi buat kamu yang nyubi kayak saya, ada baiknya info dibawah ini disimak. Siapa tahu pengetahuan kita makin nambah. Ok Here We Go !

Kenapa internet kehabisan ruang?

Layaknya telepon yang menggunakan sistem nomor telepon untuk melakukan panggilan, setiap perangkat yang terhubung dengan internet memiliki nomor unik yang dikenal sebagai “alamat IP” yang menghubungkannya ke jaringan online gobal.
IPV6 1 bambangworld.blogspot.com
Permasalahannya adalah sistem penentuan alamat internet saat ini, IPv4, hanya memiliki ruang untuk sekitar 4 miliar alamat -- tidak cukup banyak untuk manusia di dunia, belum termasuk perangkat yang online saat ini dan perangkat yang akan ada di masa depan: komputer, ponsel, TV, jam, lemari pendingin, mobil, dan lain-lain. Lebih dari 4 miliar perangkat telah berbagi alamat; ketika IPv4 kehabisan alamat yang kosong, setiap orang harus berbagi.
Data Pengguna Internet bambangworld.blogspot.com

Bagaimana cara memperbesar ruang?

Jelas sekali internet membutuhkan lebih banyak alamat IP.  Berapa banyak lagi tepatnya? Bagaimana jika 340 triliun triliun triliun (atau, 340.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000)?Surprised smile Itulah jumlah alamat yang dapat ditangani oleh “pipa” baru internet, IPv6. Itu adalah jumlah yang cukup besar untuk memberi setiap orang di bumi daftar miliaran alamat IP mereka sendiri. Dengan kata lain, cukup besar untuk menawarkan pertumbuhan ruang internet yang tak terbatas, dari sekarang hingga masa yang akan datang.
IPv4 VS IPv6 bambangworld.blogspot.com

Kapan peralihan tersebut terjadi?

Penggantian saluran pipa internet akan memerlukan waktu beberapa lama. Hari Peluncuran IPv6 Dunia pada tanggal 6 Juni 2012, menandai awal dari peluncuran yang terkoordinasi oleh penyedia situs web terkemuka serta penyedia peralatan dan layanan internet. Di Google, kami merasa bahwa IPv6 sangatlah penting bagi kesehatan dan pertumbuhan internet yang berkesinambungan, serta bahwa dengan memungkinkan semua perangkat berbicara satu sama lain secara langsung, IPv6 memungkinkan layanan inovatif yang baru.
FAQ
IPV4,IPV6, apaan itu ???
IPv4 adalah versi Protokol Internet saat ini, yaitu sistem identifikasi yang digunakan internet untuk mengirimkan informasi antar-perangkat. Sistem ini menentukan kelompok empat angka (masing-masing memiliki rentang antara 0 hingga 255) untuk setiap perangkat. IPv4 hanya memungkinkan sekitar 4 miliar alamat dan internet memerlukan lebih banyak dari itu. IPv6 adalah Protokol Internet versi baru dan memperluas jumlah alamat yang tersedia hingga hampir tak terbatas–340 triliun triliun triliun alamat.
Kenapa ngebet banget harus pake IPV6 ?Flirt male
Internet kehabisan alamat IPv4. Beralih ke IPv6 membuat internet dapat terus berkembang serta memungkinkan dikembangkannya layanan yang inovatif dan baru karena lebih banyak perangkat yang dapat tersambung ke internet.
Dari tadi ngomongin IP, IPK aja skalian =,=” IP itu apaan sih sebenernya ?
Sama seperti nomor telepon yang membantu Anda berkomunikasi dengan telepon lain, alamat IP (singkatan dari alamat Internet Protokol) diberikan pada komputer Anda sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan situs web, layanan internet, dan perangkat lainnya. Alamat IP adalah angka yang ditampilkan dalam bentuk rangkaian huruf atau angka, misalnya 192.0.2.1 (untuk IPv4) dan 2001:db8::1234:ace:6006:1e (untuk IPv6).
Ngomong doang gampang, kapan diluncurinnya ?
Peluncuran IPv6 Sedunia pada tanggal 6 Juni 2012 yang diselenggarakan oleh Internet Society merupakan hari saat situs web besar dan Penyedia Layanan Internet (ISP) yang berpartisipasi mengaktifkan IPv6 secara permanen dan memulai peralihan dari IPv4.
Emang bakal ada yang beda ? terus gw harus ngapain ?
Anda tidak perlu menyiapkan apa pun untuk IPv6; aplikasi dan perangkat Anda akan bekerja seperti sebelumnya. Perubahan ini adalah untuk memastikan bahwa Anda tetap dapat menggunakan internet di masa depan, seperti saat ini.
Liat sistemnya kayaknya kompleks, buat berubah total butuh waktu ga ?
Peralihan penuh dari IPv4 ke IPv6 akan memakan waktu, pasalnya setiap situs web dan Penyedia Layanan Internet harus menjalankan peralihan tersebut. Sementara itu, kedua sistem akan bekerja bersama hingga IPv4 tidak lagi diperlukan.
Kalo udeh ada IPv6, apa IPv4 masih ada ?
IPv4 akan terus beroperasi seperti biasa.
Terus apa gw sendiri udah pake IPv6 ? darimana taunya ?
Anda mungkin sudah menggunakan IPv6, kunjungi ipv6test.google.com untuk memeriksanya. Banyak perangkat yang Anda gunakan sudah mendukung IPv6; namun, situs web yang Anda kunjungi dan Penyedia Layanan Internet Anda harus mengaktifkan IPv6 terlebih dahulu sebelum Anda dapat menggunakannya.
Gw belum dapet nih, buat dapetin Ipv6 harus ngapain ?
Banyak situs web besar dan Penyedia Layanan Internet yang kini mendukung IPv6, namun masih banyak juga lainnya yang perlu melakukan peralihan. Jika Anda ingin menggunakan IPv6, hubungi Penyedia Layanan Internet Anda untuk memintanya memberikan akses internet IPv6 kepada Anda. Anda mungkin juga perlu mengaktikan IPv6 pada router rumah Anda atau meningkatkan versi ke router rumah yang mendukung IPv6. Untuk daftar pabrik router rumah yang mendukung IPv6, mulai dari sini.
Kok dari IPv4 loncat ke IPv6, IPv5 nya mana ?
Versi 5 telah diberikan untuk Internet Stream Protocol yang dikembangkan sebelum IPv6–versi ini tidak pernah digunakan secara luas dan tidak akan digunakan untuk publik.
Data pengguna IPv6 yang akses google bambangworld.blogspot.com
Data pengguna IPv6 yang akses google
Negara Ipv6 bambangworld.blogspot.com
Yuk, jangan kalah ama negeri tetangga… Smile 
Indonesia IPv6 bambangworld.blogspot.comThailand IPv6 bambangworld.blogspot.com
               dengan perubahan
Ranking: 5

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

 
 
© bambang sulistio | situs pribadi Moch. Bambang Sulistio | All Rights Reserved
www.bambangsulistio.web.id is continuation of bambangworld.blogspot.com