Contoh Supply Chain Sistem Informasi Pemesanan Makanan Online Pizza Hut Delivery

on Jumat, 08 November 2013

Contoh SupplY cHAIN

Kasus : Sistem Informasi Pemesanan Makanan Online Pizza Hut Delivery

Deskripsi :

Sistem Informasi Pemesanan Makanan Online Pizza Hut dibuat sebagai sarana alternatif lain yang lebih efisien selain pemesanan dengan menggunakan telepon. Dengan menggunakan sistem informasi yang berbasis online yang dapat diakses melalui web ini diharapkan pemesanan menjadi lebih akurat dan dapat dipesan kapan saja dan dimana saja.

Activities

 

Primary Activities

Inbound Logistic

 

Operations

· Terjadinya kesalahan pembukuan saat pemesanan / rekap pembayaran mungkin terjadi karena sistem manual -> Kerugian Perusahaan

Outbond Logistic

· GPS

Marketing & Sales

· Informasi Produk dan Promosi dapat disampaikan secara lengkap

Sebelum menggunakan SI (ditampilkan di web) :

Customer harus menanyakan produk yang sedang ditawarkan, info promo, dan pilihan beragam paket -> menghabiskan banyak pulsa

· Database pelanggan tersimpan, sehingga memudahkan informasi promosi tanpa perlu membuka website (dikirim secara periodik melalui email)

è Sales awareness, media promosi iklan secara gratis

· Customer dapat memberikan feedback terhadap produk yang ditawarkan

è Paperless, tidak membutuhkan kertas

è Tidak membutuhkan banyak pegawai di divisi marketing

è Market Analysis yang langsung dapat diketahui hasilnya yang berdampak pada customer decision support untuk pengembangan produk selanjutnya dengan harapan margin profit lebih besar

Service

· Melacak pemesanan secara online karena terintegrasi dengan GPS, dapat diketahui pemesanan sudah sampai dimana

Sebelum menggunakan SI (ditampilkan di web) :

è Customer harus menanyakan via customer service -> menghabiskan pulsa, kepercayaan berkurang(karena Customer Care tidak tahu juga pesanan sudah sampai dimana)

· Dapat mengecek coverage area, dan terintegrasi dalam form pemesanan, ketika customer memesan, kesalahan pengiriman diluar area yang ter cover dapat ditekan

Sebelum menggunakan SI (ditampilkan di web)

è Customer tidak tahu pasti apakah lokasinya terjangkau di coverage area Biaya kerugian apabila terjadi salah kirim atau hilangnya kepercayaan customer karena ternyata wilayahnya tidak terjangkau

· Pembayaran dapat dilakukan secara online dan terintegrasi dengan akun internet banking

Sebelum menggunakan SI

è Pembayaran manual, pembuatan laporan tidak terkomputerisasi otomatis, rawan terjadinya penyimpangan -> kerugian perusahaan, lebih banyak orang yang ditempatkan di bagian akunting

Secondary Activities

Procurement

-

Technology Development

-

Human Resource Management

· Pembayaran Online -> Jumlah pegawai di departemen akunting dapat dikurangi -> efisiensi belanja pegawai

· Pemesanan Via Website -> Jumlah customer care dapat dikurangi -> efisiensi belanja pegawai

· Feedback pesanan secara online -> Jumlah pegawai di divisi marketing dapat dikurangi -> efisiensi belanja pegawai

Infrastructure

-

Simulasi Perhitungan

Pengadaan Kebutuhan untuk 1 Gerai Pizza Hut

Sebelum Menggunakan Sistem Informasi

Komisaris dan Manager

Gaji Komisaris 5 juta

Gaji Manager 3 Juta

2

Total 8 Juta / bulan

Jumlah Pegawai (Dept. Marketing)

3

Jumlah Pegawai (Dept. Customer Care)

10

Jumlah Pegawai (Dept. Akunting)

Jumlah Pegawai (Kasir, Kurir, Servant)

Gaji diasumsikan sama setiap pegawai Rp. 2 Juta

2

10
Total Pegawai = 25 * 2.000.000 = 50.000.000/ bulan

ATK perbulan

500.000 / bulan

Biaya Infrastruktur Telepon dan perkiraan tagihan perbulan

2.000.000 / bulan

Bahan baku

125.000.000 / bulan

Aset Lahan dan Bangunan dan Peralatan Memasak

1 M

Promosi dan Iklan di Media Massa

25.000.000 / bulan

Kegiatan CSR

10.000.000 / bulan

Perkiraan Penjualan perbulan

Misal ada 100 customer per hari dengan rata-rata pembelian 100.000 , dan 10% nya menggunakan line telepon untuk pesan

=100 * 100.000 * 30

= 300.000.000

Pengadaan alat kendaraan dan transportasi (sekali)

5 * 15.000.000 = 75.000.000

Maintenance mesin dan kendaraan

3.000.000 / bulan

Peningkatan customer pertahun

10%

Revenue Tahun Pertama

300.000.000 * 12

3,6 M

Cost Per Tahun

Lahan dan Bangunan (sekali)

Pengadaan alat kendaraan dan transportasi (sekali)

Jumlah cost tahun pertama

2,682 M

1 M

75 Juta

3,757 M

Dalam satu tahun belum mencapai BEP bahkan mengalami defisit sebanyak 4,36% atau sekitar – 157 juta

Perkiraan Kelanjutan Bisnis dalam 3 tahun

Tahun

Cost

(dalam M)

Revenue

(dalam M)

DEF

BEP

ROI

Saldo

1

3,757

3,60

DEF 4,18 %

-157 Juta

2

2,682

3,96

ROI 47,65%

(+1,28 M)

+1,123 M

3

2,682

4,35

ROI 62,19

(+1,668 M)

+2,791 M

Kelompok / Credit :

- Moch. Bambang Sulistio 613110025

- Gita Adi Ramdhani 613110026

- Haluan Muhammad Irsyad 613110036

 

Manajemen Proyek

D3 Teknik Informatika

Telkom University

Ranking: 5

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

 
 
© bambang sulistio | situs pribadi Moch. Bambang Sulistio | All Rights Reserved
www.bambangsulistio.web.id is continuation of bambangworld.blogspot.com