Bagi teman-teman mahasiswa prodi D3 yang ingin melanjutkan Ekstensi Telkom University 2014, kebetulan saya ada infonya nih. Program Ekstensi Telkom University 2014 dibuka 3 jurusan, yaitu Teknik Informatika dan Telekomunikasi. Ada juga Teknik Komputer. Oke langsung saja ke info Ekstensi Telkom University. berikut infonya ya :
Persyaratan
- Asal Program Studi
- Program Pindahan D3 ke S1 Teknik Telekomunikasi : lulusan D3 Teknik Telekomunikasi dengan akreditasi minimal B.
- Program Pindahan D3 ke S1 Sistem Komputer : lulusan D3 Teknik Komputer dengan akreditasi minimal C.
- rogram Pindahan D3 ke S1 Teknik Informatika : lulusan D3 Teknik Informatika / D3 Manajemen Informatika dengan akreditasi minimal B
- Syarat TOEFL / English Proficiency Test ( EPrT) : 425
- Syarat TPA / TPIU Bappenas : 450
- Syarat IPK D3 minimal 3.00, masa studi D3 maksimal 3.5 tahun.
- Ada Rekomendasi dari Dosen Wali/Pembimbing.
- Tanggal kelulusan pada ijazah D3 tidak lebih awal dari tanggal 1 Agustus 2009.
- Membayar biaya seleksi sebesar Rp 700.000,- (+tes TPIU BAPENAS) dengan membeli PIN pindahan melalui Bank BNI nomor rekening 2902902909atas nama SMBB Telkom.
- Mahasiswa program pindahan tidak diwajibkan untuk menghuni asrama / apartemen.
Tahapan pelaksanaan :
- Calon mahasiswa mengakses http://smb.telkomuniversity.ac.id/regpindahan untuk memesan nomor transaksi.
- Calon Mahasiswa membeli PIN pindahan (Rp 700.000) di Bank BNI nomor rekening 2902902909 atas nama SMBB Telkom.
- Calon mahasiswa melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengirimkan bukti pembelian PIN ke email info@smbbtelkom.ac.id untuk memperoleh username dan password pendaftaran seleksi program pindahan.
- Calon mahasiswa mengisi data di http://smb.telkomuniversity.ac.id/regpindahan dan mengunggah (upload) berkas-berkas yang diperlukan mulai tanggal 1 Juni 2014 sampai dengan 17 Juni 2014. Masing-masing maksimal 200 KB.
- Surat Keterangan Lulus (SKL)/Ijazah/Surat Keterangan Siap Sidang
- Transkrip Akademik
- Sertifikat TOEFL / EPrT
- Sertifikat TPA / TPIU
- Surat Keterangan Kegiatan Mahasiswa
- Penjelasan Singkat tentang Proyek Akhir
- Rencana Tugas Akhir
- Surat Kesanggupan
- Rekomendasi Dosen Wali / Pembimbing
- Sistem akan mengeluarkan kartu ujian yang berisi nomor peserta seleksi. Lembar ini harus dicetak oleh calon mahasiswa.
- Calon mahasiswa menyerahkan hardcopydokumen ke Panitia PMB Pindahan, yang berupa :
- Bukti pembayaran biaya seleksi.
- Kartu ujian.
- Fotocopy Ijazah / Surat Keterangan Lulus yang dilegalisir, atau Surat Keterangan bahwa yang bersangkutan hanya kurang matakuliah Proyek Akhir dari Program Studi asal.
- Transkrip / daftar nilai yang dilegalisir, dalam format A3.
- Sertifikat TOEFL / EprT.
- Sertifikat TPA / TPIU Bappenas
- Surat Keterangan Kegiatan Kemahasiswaan yang sesuai dengan program studi (misal : robotika, muatan roket, satelit, proyek / kegiatan penelitian dosen, kegiatan di lembaga implementasi seperti Bandung Technopark dan semacamnya). Surat ditandatangani Ketua Program Studi, dosen wali, dosen pembina kegiatan kemahasiswaan, dosen peneliti atau pimpinan lembaga implementasi.
- Penjelasan singkat tentang proyek akhir yang dibuat, dalam format dokumen word (doc), A4, 1,5 spasi, maksimal 3 halaman, yang meliputi:
- Permasalahan
- Bagan, foto, cara kerja sistem, kesimpulan dan saran pengembangan.
- Masukan penguji proposal dan penguji sidang.
- Manfaat dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari
- Kemungkinan implementasi dan pemasaran secara komersial.
- Rencana tugas akhir, yang merupakan sebuah implementasi keilmuan dan lebih disukai merupakan pengembangan dari Proyek Akhir yang dibuat. Format dan isi seperti penjelasan untuk proyek akhir.
- Surat Kesanggupan dengan format yang dibuat sendiri dengan tulisan tangan dan ditandatangani di atas meterai Rp 6000,- untuk :
- Mengikuti peraturan sebagai mahasiswa Universitas Telkom, termasuk penggunaan seragam, kehadiran dalam kuliah dan peraturan lainnya.
- Mengikuti perkuliahan sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan menyelesaikan perkuliahan sebagai mahasiswa dalam waktu maksimal 5 semester. Perpanjangan 1 semester hanya berlaku jika kekurangan SKS pada semester 6 maksimal 10 SKS saja.
- Menyetujui jumlah SKS dan matakuliah yang ditetapkan oleh program studi, yang berkisar antara 67-80 SKS.
- Membuat tugas akhir sesuai dengan rencana yang dibuat untuk wawancara seleksi mahasiswa pindahan.
- Jika melanggar poin 1 sampai 4, maka bersedia mundur sebagai mahasiswa meskipun telah mengikuti perkuliahan dan tidak menuntut pengembalian biaya yang telah dibayarkan.
- Rekomendasi Dosen Wali/Pembimbing.
Dokumen diserahkan dalam map berwarna putih (untuk S1-TT), biru (S1-SK) dan merah (S1-IF), ke:
- Bagian Administrasi FTE, Gedung P lantai 1 ( untuk S1-TT dan S1-SK)
- Bagian Adminsitrasi FIF, Gedung D lantai 1 ( untuk S1-IF)
- Panitia akan mengumumkan kelulusan seleksi tahap 1, dan jadwal wawancara.
- Calon mahasiswa melaksanakan wawancara di kampus Universitas Telkom dan melalui telepon bagi peserta dari luar jawa barat, pada jadwal yang ditetapkan.
- Panitia akan mengumumkan kelulusan seleksi tahap 2 (wawancara).
- Calon mahasiswa melakukan registrasi mahasiswa baru Pindahan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Universitas Telkom.
Persyaratan registrasi untuk mahasiswa yang lulus seleksi
- Membayar biaya pendidikan sesuai ketentuan yang ditetapkan untuk program studi S1 yang dituju.
- Melakukan registrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Menyerahkan copy bukti kelulusan dari program studi asal (Ijazah atau Surat Keterangan Lulus) dan menunjukkan dokumen asli.
Tanggal Penting :
- 14 Juni 2014 : Ujian TPIU BAPENAS
- 17 Juni 2014: batas akhir pengisian data online, pembayaran biaya seleksi dan pengumpulan berkas hardcopy ke Panitia.
- 21 Juni Ujian Tulis Prodi S1 Teknik Informatika
- 25 Juni 2014: Pengumuman Hasil Seleksi dan Jadwal Wawancara. Bagi peserta yang berdomisili dari luar Jawa Barat, wawancara dapat dilakukan melalui telepon.
- 1-3 Juli 2014: wawancara, sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
- 8 Juli 2014: pengumuman akhir kelulusan mahasiswa program pindahan.
- 11-17 Juli 2014: Registrasi On-line
- 7-14 Agustus 2014: Registrasi mahasiswa on-site (wajib hadir) dan penyerahan bukti pembayaran biaya pendidikan, sesuai jadwal per program studi.
- 25 Agustus 2014: Awal Kuliah
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar