Tulisan ini adalah tulisan yang ke-2 , untuk membaca bagian awal silahkan klik disini
BAB III
ANALISIS DATA
Tabel 3.1. Harapan pertama ketika tiba di Bandung
Variabel | Jumlah | Persentase(%) | |
| 62 | 50,0 | |
Biasa saja | 49 | 39,5 | |
Tidak Optimis, karena IT Telkom bukan tujuan awal/utama | 13 | 10,5 |
Dari data yang terkumpul dapat disimpulkan setengah mahasiswa optimis, senang, dan tertantang hidup di lingkungan baru dan mempunyai keinginan berprestasi, sedangkan hampir 40% menganggap biasa saja ketika tiba di Bandung.
Tabel 3.2. Mengalami Culture Shock ketika pertama (1-3) bulan tinggal di Bandung
Variabel | Jumlah |
Ya | 62 |
Tidak | 62 |
Gambar 3.1. Mengalami Culture Shock ketika pertama (1-3) bulan tinggal di Bandung dalam persen
Mahasiswa yang mengalami culture shock ketika tiba di Bandung sebanyak 50%, sedangkan yang tidak mengalami culture shock juga sebanyak 50%.
Tabel 3.3. Bentuk-Bentuk Culture Shock yang anda alami saat 1-3 bulan pertama tinggal di Bandung
Variabel | Jumlah |
Merasa tidak nyaman dan tidak betah | 25 |
Mengalami kebingungan dan ketidaktahuan ingin berbuat apa | 27 |
Kesulitan bergaul dan mencari teman | 16 |
Pernah tertekan dan stress hingga sakit | 8 |
Ingin pergi meninggalkan Bandung | 4 |
Merasa orang Bandung tidak meyenangkan | 6 |
Bermasalah dengan makanan dan pola makanan | 20 |
Total Responden : 62
Responden dapat memilih lebih dari satu opsi
Gambar 3.2. Bentuk-Bentuk Culture Shock yang anda alami saat 1-3 bulan pertama tinggal di Bandung dalam persen
Bentuk culture shock yang dialami mahasiswa IT Telkom pada 1-3 bulan pertama tinggal di Bandung, sebanyak 25% mengalami kebingungan dan ketidaktahuan ingin berbuat apa di Bandung, sedangkan 24% menjawab merasa tidak betah dan tidak nyaman tinggal di Bandung. Sebanyak 19% menjawab mengalami masalah dengan makanan dan pola makan.
Tabel 3.4. Culture Shock dalam kaitannya dengan mengganggu motivasi belajar
Variabel | Jumlah |
Terganggu motivasi belajarnya | 35 |
Tidak terganggu sama sekali | 27 |
Total Responden : 62
Gambar 3.3. Culture Shock dalam kaitannya dengan mengganggu motivasi belajar dalam persen
Sebanyak 56% responden mengkaui bahwa culture shock yang mereka alami dapat mengganggu motivasi belajar yang dapat berdampak pada prestasi akademik. Sedangkan sisanya menjawab tidak mengganggu sama sekali terhadap motivasi belajar mahasiswa.
Tabel 3.5. Bentuk gangguan motivasi belajar yang dialami mahasiswa akibat mengalami culture shock
Variabel | Jumlah |
Malas datang kuliah | 27 |
Bolos kuliah | 11 |
Tidak bisa berkonsentrasi ketika kuliah | 28 |
Merasa tidak nyaman ikut kuliah dan ingin berhenti kuliah | 11 |
Nilai atau IP kuliah jeblok | 15 |
Jumlah Responden : 35
Responden dapat memilih lebih dari satu opsi
Gambar 3.4. Bentuk gangguan motivasi belajar yang dialami mahasiswa akibat mengalami culture shock dalam persen
Berdasarkan data yang didapat, sebanyak 31% mahasiswa mengalami gangguan motivasi belajar berupa tidak bisa berkonsentrasi pada saat kuliah, sedangkan 29% mahasiswa berpendapat malas untuk mengikuti perkuliahan.
Tabel 3.6. Masih mengalami culture shock hingga saat ini
Variabel | Jumlah |
Ya, masih mengalami | 30 |
Tidak, sudah bisa beradaptasi | 32 |
Jumlah Responden : 62
Gambar 3.5. Masih mengalami culture shock hingga saat ini dalam persen
Sebanyak 52% mahasiswa masih mengalami culture shock hingga saat ini. Tentu hal ini kurang baik mengingat mereka sudah cukup lama tinggal di Bandung (minimal 6 bulan). Hal ini juga menunjukkan tingkat adaptasi lingkungan yang kuran. Dengan masih banyak mahasiswa yang mengalami culture shock hingga saat ini, dikhawatirkan dapat mengganggu motivasi belajar mahasiswa.
Tabel 3.7. Bentuk-Bentuk Culture Shock yang dialami hingga saat ini
Variabel | Jumlah |
Merasa tidak nyaman dan tidak betah | 7 |
Mengalami kebingungan dan ketidaktahuan ingin berbuat apa | 2 |
Kesulitan bergaul dan mencari teman | 4 |
Pernah tertekan dan stress hingga sakit | 4 |
Ingin pergi meninggalkan Bandung | 5 |
Merasa orang Bandung tidak meyenangkan | 5 |
Bermasalah dengan makanan dan pola makanan | 10 |
Gambar 3.6. Bentuk-Bentuk Culture Shock yang dialami hingga saat ini dalam persen
Bentuk culture shock yang dialami mahasiswa hingga saat ini persentase tertinggi adalah masih bermasalah dengan pola makan dan makanan yang ada di Bandung (lingkungan kampus) sebanyak 27%, lalu merasa tidak nyaman dan tidak betah dengan lingkungan Bandung sebanyak 19%, 14% responden lainnya menyatakan merasa masyarakat di lingkungan kampus tidak menyenangkan.
Hipotesis berdasarkan hasil rekap data
a. Keterkaitan Kemiripan Budaya dengan culture shock yang dialami
Tabel 3.8. Keterkaitan kemiripan budaya dengan culture shock yang dialami
Variabel | Mengalami culture shock / jumlah responden | Persentase (%) |
Sangat Mirip (70-100%) | 10/20 | 50,0% |
Mirip (30-70%) | 23/52 | 44,2% |
Tidak Mirip (0-30%) | 29/52 | 55,7% |
Dari tabel diatas dapat diketahui semakin tidak mirip kesamaan budaya asal dengan budaya yang ditempati sekarang, kemungkinan mengalami culture shock semakin besar. Meskipun dalam taraf budaya sangat mirip persentase mengalami culture shock justru lebih tinggi dibandingkan hanya mirip saja.
b. Keterkaitan provinsi asal dengan pengalaman culture shock
Tabel 3.9. Keterkaitan provinsi asal dengan pengalaman culture shock
No | Provinsi | Jumlah | Mengalami Culture Shock | Persentase(%) |
1 | Sumatera Utara | 5 | 3 | 60,0 |
2 | Sumatera Barat | 3 | 2 | 66,7 |
3 | Sumatera Selatan | 3 | 2 | 66,7 |
4 | Bangka | 1 | 1 | 100,0 |
5 | Riau | 2 | 0 | 0,0 |
6 | Lampung | 4 | 3 | 75,0 |
7 | DKI Jakarta | 12 | 3 | 25,0 |
8 | Banten | 5 | 2 | 40,0 |
9 | Jawa Barat (non Bandung) | 37 | 19 | 51,4 |
10 | Jawa Tengah | 24 | 11 | 45,8 |
11 | Jawa Timur | 14 | 7 | 50,0 |
12 | DI Yogyakarta | 5 | 2 | 40,0 |
13 | Bali | 2 | 1 | 50,0 |
14 | Kalimantan Selatan | 2 | 1 | 50,0 |
15 | Kalimantan Timur | 2 | 2 | 100,0 |
16 | Kalimantan Barat | 1 | 1 | 100,0 |
17 | Sulawesi Selatan | 1 | 1 | 100,0 |
18 | Maluku | 1 | 1 | 100,0 |
| Jumlah | 124 | | |
Berdasarkan data diatas yang bisa dipilah berdasarkan pulau / region, di wilayah Sumatera tingkat yang mahasiswa mengalami culture shock berkisar antara 60-100%. Meskipun mahasiswa yang berasal dari provinsi Riau didapatkan angka 0%. Sedangkan untuk wilayah pulau Jawa yang relatif paling dekat dengan kampus (Jawa Barat), tingkat mahasiswa yang mengalami culture shock cenderung kecil hingga sedang, antara 25%-50%. Untuk wilayah Indonesia Tengah ke Timur, tingkat culture shock cukup tinggi antara 50%-100% namun dominan di 100%. Maka dapat ditarik kesimpulan semakin jauh tempat asal / domisili mahasiswa semakin besar mengalami culture shock ketika tiba di Bandung.
c. Keterkaitan mengalami culture shock dan menurunkan motivasi belajar terhadap IPK mahasiswa
No | IPK | Jumlah responden | Mengalami culture shock, dan terganggu motivasi belajarnya | Persentase |
1 | 1,00-1,50 | 2 | 2 | 100,0 |
2 | 1,51-2,00 | 2 | 2 | 100,0 |
3 | 2,01-2,50 | 22 | 9 | 40,9 |
4 | 2,51-3,00 | 36 | 8 | 22,2 |
5 | 3,01-3,50 | 45 | 11 | 24,4 |
6 | 3,51-4,00 | 17 | 3 | 17,6 |
Tabel 3.10. Keterkaitan mengalami culture shock dan menurunkan motivasi belajar terhadap IPK mahasiswa
Dari data diatas dapat ditarik kesimpulan dari mahasiswa yang mendapat IPK antara 1,00-1,50 seluruhnya mengalami culture shock dan terganggu motivasi belajarnya akibat mengalami culture shock. Semakin tinggi IPK yang didapatkan persentase terganggunya motivasi belajar akibat culture shock cenderung semakin kecil. Dapat ditarik kesimpulan terganggunya motivasi belajar akibat culture shock dapat berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa.
d. Keterkaitan jumlah semester yang sudah ditempuh dengan pengalaman mengalami culture shock hingga di awal saat ini
Tabel 3.11. Keterkaitan jumlah semester yang sudah ditempuh dengan pengalaman mengalami culture shock di awal hingga saat ini
No | Semester | Jumlah responden | Mengalami Culture Shock di awal | Mengalami Culture shock hingga saat ini | Perubahan (%) |
1 | 2 | 28 | 9 | 3 | 33,3 |
2 | 4 | 76 | 45 | 21 | 46,7 |
3 | 6 | 9 | 3 | 2 | 66,7 |
4 | 8 | 11 | 4 | 1 | 25,0 |
Dapat ditarik kesimpulan dari tabel diatas, jumlah semester (lama tinggal) di Bandung tidak mempengaruhi terhadap perubahan culture shock yang dialami hingga saat ini , karena data di semester dua hingga semester enam, persentase perubahan justru semakin tinggi.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Simpulan
Berdasarkan mini riset yang telah kami lakukan, dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut.
a. Setengah sampel dari populasi (50%) mahasiswa mengalami fase optimistik dimana mereka merasa senang dan tertantang ketika awal berpindah ke Bandung dan memiliki keinginan untuk berprestasi.
b. Sebanyak 50% mahasiswa mengalami culture shock pada 1-3 bulan pertama tinggal di Bandung.
c. Bentuk culture shock yang dialami mahasiswa IT Telkom pada 1-3 bulan pertama tinggal di Bandung, sebanyak 25% mengalami kebingungan dan ketidaktahuan ingin berbuat apa di Bandung, sedangkan 24% menjawab merasa tidak betah dan tidak nyaman tinggal di Bandung. Sebanyak 19% menjawab mengalami masalah dengan makanan dan pola makan.
d. Sebanyak 56% mahasiswa yang diteliti mengakui terganggu motivasi belajarnya akibat mengalami culture shock
e. Bentuk gangguan motivasi belajar yang dialami diantaranya sebanyak 31% mahasiswa mengalami gangguan motivasi belajar berupa tidak bisa berkonsentrasi pada saat kuliah, sedangkan 29% mahasiswa berpendapat malas untuk mengikuti perkuliahan.
f. Hampir setengah responden (48%) dari yang sebelumnya mengalami culture shock pada saat awal tinggal di Bandung, ternyata masih mengalami culture shock hingga saat ini.
g. Semakin tidak mirip kesamaan budaya asal dengan budaya yang ditempati sekarang, kemungkinan mengalami culture shock semakin besar. Meskipun dalam taraf budaya sangat mirip persentase mengalami culture shock justru lebih tinggi dibandingkan hanya mirip saja.
h. Semakin jauh tempat asal / domisili mahasiswa semakin besar mengalami culture shock ketika tiba di Bandung.
i. Dalam penelitian ini, jumlah semester yang telah ditempuh (lama tinggal) di Bandung tidak mempengaruhi terhadap perubahan culture shock yang dialami hingga saat ini.
4.2 Saran
a. Dalam bidang Ekonomi, berdasarkan hasil kuisioner yang didapat, dengan faktor mahasiswa yang terganggu motivasi belajarnya mengakibatkan mahasiswa tersebut tidak bisa berkonsentrasi saat kuliah (31 %), malas mengikuti kuliah (29 %), dan bahkan ada yang ingin berhenti kuliah (12 %), dapat berimpilikasi pada meningkatnya tingkat drop-out/ pengunduran diri mahasiswa yang akan menyebabkan pembiayaan orang tua dan membebankan ekonomi orangtua, apalagi bila kondisi ekonomi orangtua kurang mampu. Oleh karenanya, kami memberi saran agar Pemerintah dapat memberikan bantuan operasional untuk tingkat perguruan tinggi agar mengurangi beban orangtua dalam pembayaran kuliah di jenjang perguruan tinggi. Mahasiswa pun harus termotivasi dan siap menerima kebudayaan dan membuktikan diri dapat berprestasi meskipun tinggal jauh dari orangtua.
b. Dalam bidang Sosial, dari data yang didapat masih ada pengaruh culture shock yang dialami oleh mahasiswa meskipun sudah tinggal dalam waktu minimal 1-2 semester selama di Bandung, bahkan semakin lama tinggal di bandung, persentase nya malah semakin tinggi . Dalam hal ini kelompok kami memberi saran agar mahasiswa mampu meningkatkan pengalaman beradaptasi seperti mengetahui lebih dahulu suasana kampus / lingkungan tempat tinggal, datang cukup awal sebelum masa perkuliahan dimulai, turut serta aktif dalam kegiatan di lingkungan masyarakat / organisasi kampus, dan memahami budaya yang memang ada di lingkungan tersebut, aktif berkomunikasi dengan orang tua bila ada masalah, serta persiapan mental untuk tidak malu bertanya. Dengan beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan budaya di Bandung mahasiswa merasa lebih nyaman tinggal di Bandung dan permasalahan motivasi kuliah yang terjadi terselesaikan, sementara usaha menghindar justru tidak membuat persoalan lebih baik bahkan tampak buruk.
c. Dalam bidang Pendidikan, gangguan motivasi belajar akibat culture shock yang dialami seperti malas datang kuliah, dan tidak berkonsentrasi kuliah akan mengakibatkan prestasi akademik menurun, tentunya ini tidak baik bagi perkembangan mahasiswa, karena bukan tidak mungkin dengan prestasi akademik yang kurang baik, dapat mengakibatkan mahasiswa lulus tidak tepat waktu dan bahkan peluang menuju taraf drop-out. Oleh karenanya mahasiswa harus sebisa mungkin memahami lingkungan baru mereka, sebisa mungkin beradaptasi terhadap lingkungan baru, mengikuti komunitas tempat asal tinggal supaya lebih nyaman, dan mencoba memahami lingkungan budaya yang ada misalnya dengan mengikuti adat/ kebiasaan di lingkungan sekitar.
d. Dalam bidang Kesehatan, dengan masih adanya mahasiswa hingga saat ini yang mengalami masalah dengan pola makan dan makanan yang dapat berdampak buruk pada kesehatan mahasiswa, kelompok kami menyarankan agar mahasiswa pandai dalam memilih makanan yang sesuai dengan lidah mereka. Namun,bukan tidak mungkin untuk mencoba makanan di lingkungan budaya yang baru, karena dengan semakin sering mencoba maka akan terbiasa dengan makanan yang tersedia.
e. Ada pepatah mengatakan di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Untuk komunikasi yang lancar dan efektif perlu adanya usaha untuk menghargai dan memahami serta menerima budaya orang lain. Terlebih, kita akan tinggal di budaya itu. Jika orang ingin hidup nyaman dan berhasil di lingkungan yang baru maka mau tidak mau ia harus menyesuaikan dirinya dengan lingkungan baru tersebut.
f. Dikarenakan waktu penelitian yang terlalu singkat, jumlah data yang berhasil diperoleh masih sedikit. Terlebih lagi, banyak data dari responden yang menjawab kuesioner terkesan main-main atau kurang serius dalam menjawabnya menjadikan penelitian ini jauh dari sempurna. Untuk itu perlu dilakukan penelitian ulang atau penelitian lanjutan untuk memperbaiki dan melengkapi penelitian ini. Variabel dalam penelitian ini dapat diganti maupun ditambah. Atas kekurangan dan kelemahan penelitian ini, peneliti mohon maaf.
DAFTAR PUSTAKA
Muslimah. (2007, Maret ). Tips Mengatasi Culture Shock. Tersedia : http://buat.site11.com/?Mengatasi_Culture_Shock.[online] .[2013, April 11]
Tri Ediana, Lucia. (2009, Agustus ). CULTURE SHOCK YANG DIALAMI MAHASISWA PERANTAUAN FISIP UAJY ANGKATAN 2008 DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI KULIAH. Tersedia : http://luciatriedyana.wordpress.com/2009/08/.[online] .[2013, April 11]
{ 0 comments... read them below or add one }
Posting Komentar