Apa itu Software Engineering (RPL)

on Jumat, 05 Agustus 2011


Mengawali lembaran hidup saya di masa kuliah dan di Dunia yang saya cintai (hallaah) yaitu dunia informatika.

Apa sih yang dimaksud dengan software engineering (rekayasa perangkat lunak) ??? apa terbatas mengenai program saja ? ngga dong teman, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek dari perangkat lunak (software), mulai dari analisis kebutuhan pengguna, spesifikasi kebutuhan pengguna, desain, koding, pengujian, dan tahap terakhir pemeliharaan sistem setelah digunakan. Jadi inget yak, RPL itu tidak sebatas bikin program doang lho...

Lalu apa tujuan dibuatnya RPL / Software ? ya jelas dong selain untuk mempermudah kita sebagai user (operator) komputer dalam mengeksekusi sesuatu, juga dengan ada nya RPL ini mampu membuat software yang handal dari segi kualitas dan kemanan, murah dalam biaya produksinya, dan bisa bekerja dalam berbagai platform (ga cuman komputer aja lho, ada banyak sekali...), the last adalah perawatannya yang least expensive (hehehe...)

Ternyata banyak banget ruang lingkup dari RPL ini mulai dari software requirement, software design, testing, maintenance, hingga ke kualtas nya lho teman. Pokoknya hal hal yang mencakup ruang lingkup RPL ini harus dilakukan sebaik mungkin.

Ternyata Software Engineering tidak berdiri sendiri lho, sejak pertama ada yang namanya Computer Science tahun 1940an yang pada awalnya adalah gabungan dari teori seperti algoritma dan pemrograman, logika matematika, hingga penyimpanan elektronik secara komputer.Pada akhirnya dibuat subbab nya sendiri dari computer science karena ternyata disiplin ilmu didalamnya sangat banyak, mulai dari Software Engineering, Komputasi, Computer System, Algoritma, Grafis dan Desain, Concurrent, Paralel dan Sistem terdistribusi, etc etc etc laah hehe (ada banyak banget versi sebenernya disiplin ilmu dibawah computer science, mulai dari ACM (1998), Denning (2000), hingga wikipedia pun release tuh di tahun 2007.

Tapi yang jelas kehadiran software engineering ini tak bisa berdiri sendiri karena harus didukung oleh subbab lainnya misalkan saja algoritma, struktur data, bahasa pemrograman, basis data, sistem informasi, sistem operasi, jaringan dsb. So, gotong royong gitu ceritanya. Dan jadi deh yang namanya software engineering as one unity, alias satu kesatuan yang bulat

Halooo !, RPL tu ga hanya nyangkut ke disiplin Ilmu Komputer aja lho, tapi juga ke Matematika (aljabar,kalkulus, peluang,statistik,dsb) , Manajemen (maksudnya manajemen di ekonomi bukan ya , hihi), Ergonomika (interaksi manusia dan komputer), Rekayasa Sistem, Manajemen Proyek (anggaran, tenaga kerja, kualitas) dan Manajemen Kualitas(manajemen resiko, perbaikan kualitas dan kehandalan).

Sekian dulu di awal, nanti lanjut ya dengan perkembangan RPL !! Okeh !


dicuplik dari buku BSE dengan perubahan kata2 saya sendiri tentunya, hihi

Ranking: 5

5 comments:

 
 
© bambang sulistio | situs pribadi Moch. Bambang Sulistio | All Rights Reserved
www.bambangsulistio.web.id is continuation of bambangworld.blogspot.com