Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen : Manajemen Aset Pengadaan Kebutuhan Perangkat Lunak untuk Perusahaan Menengah

on Senin, 09 April 2012


Kelas :  D3IF-35-01
Tim Kerja :
  • Moch. Bambang Sulistio   613110025
  • Gita Adi Ramdhani   613110026
  • Adiputera Setiawan   613110015
  • Nanda Hasanal Rizqi   613110005
  • Russell Irvan Barto 613110038

imageMemlih Software untuk perusahaan adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan sebagai salah satu tugas dari Departemen IT suatu perusahaan.
Software yang digunakan secara efisien dan tepat akan membantu mengoptimalkan kinerja perusahaan dibanding dengan pemilihan software yang asal-asalan, yang pada akhirnya akan menghamburkan waktu dan uang. Dalam memilih software yang akan digunakan, kita harus mengetahui hal-hal apa saja yang harus dibutuhkan sesuai dengan tingkat kematangan dan kemampuan suatu perusahaan, akan menjadi mubadzir perusahaan yang masih kecil – menengah menggunakan perangkat lunak yang mempunyai kemampuan tinggi yang berimplikasi pada efisiensi biaya begitu juga sebaliknya. Thumbs up

Hal ini lah yang menjadi bahan pembelajaran pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen Senin (9/4), dengan berbagai informasi yang kami dapatkan, berikut adalah rancangan anggaran dari kelompok kami dalam pengadaan biaya perangkat lunak suatu perusahaan berskala kecil-menengah.Computer


Asumsi Kasus : Perusahaan Rental Mobil  tingkat Menengah dengan karyawan di bidang IT sebanyak 20  orang.

Dimisalkan :
  • Terdiri dari dua bagian penting, server-client (asumsi perangkat keras yang digunakan adalah yang terkini)
  • Proses bisnis harus terintegrasi
  • 2 Komputer menggunakan perangkat lunak grafis : Adobe Photoshop dan Corel Draw
  • Setiap komputer diinstall aplikasi perkantoran (presentasi, olah kata, lembar kerja elektronik)
  • Setiap komputer harus terinstall antivirus


Sistem Operasi
sistem operasi menjadi satu hal kebutuhan yang sangat diutamakan karena jika sebuah komputer tidak mempunyai sistem operasi maka komputer tidak bisa digunakan, maka dari itu perusahaan - perusahaan membutuhkan sistem operasi untuk mendampingi aplikasi - aplikasi yang digunakan untuk menunjang perusahaan. Sistem operasi yang digunakan dalam suatu perusahaan hendaknya dibuat sama dalam satu bagian departemen IT, karena bila berbeda akan mengakibatkan inkompatibilitas program dan jenis data yang dihasilkan.
Sistem Operasi yang kami pilih untuk segi sever menggunakan Debian Operating System, sedangkan untuk client yang kami gunakan adalah adalah sistem operasi dari pabrikan Microsoft, meskipun penetrasi penggunaannya semakin menurun ,klik (6 dari 10 perusahaan menolak windows 7), namun mengingat banyak pertimbangan, seperti kekompatibilitas-an program, sudah umum digunakan,user-friendly dan keunggulan-keunggulan lain membuat sistem operasi ini lebih baik diimplementasikan pada perusahaan ini (asumsi perusahaan UKM baru).
Nantinya, setelah lebih dari 1-2 tahun dengan kemampuan departemen IT yang semakin meningkat, dan kerjasama yang lebih baik, bisa saja berpindah ke sistem operasi open source sebut saja Linux misalnya yang sekarang banyak juga digunakan perusahaan-perusahaan kecil hingga menengah.

Server

image

Debian adalah salah satu sistem operasi yang cukup andal digunakan sebagai sistem operasi yang ditempatkan di sisi server, Debian sendiri adalah salah satu varian Linux, namun dengan interface yang lebih sederhana dan lebih stable, adapun keunggulan-keunggulan yang dipunyai debian ini antara lain :

1. Admin Friendly
Admin yang dimaksudkan adalah “System Administrator” (SysAdmin), yaitu orang yang bertanggung jawab akan kestabilan dan keamanan komputer server.

2. User Friendly
Pada awalnya O/S Linux dikenal sebagai O/S Server,bukan O/S Desktop. Seiring dengan perkembangan pengguna Linux, maka semakin banyak O/S Linux yang lebih meningkatkan “Kenyamanan User” tanpa harus mengorbankan kinerja,kestabilan dan keamanannya.

3. Hardware Friendly
Seringkali “feature” canggih dari sebuah O/S harus dibayar mahal dengan dukungan hardware yang sangat “mewah”. Padahal jika sebuah O/S dioptimalkan kinerjanya,bisa berjalan pada hardware yang mungkin tergolong lama. Sebagai contoh pada O/S Libranet Linux 2.8.1, hardware minimalnya adalah Processor Intel Pentium 100, 64 MB RAM, dan 4GB ruangkosong Harddisk. Sedangkan pada O/S Debian Linux 3.1, sebagai O/S Desktop dibutuhkan minimal Processor Intel Pentium 100, 64 MB RAM, dan 3GB ruang kosong Harddisk.

4. Architecture Independent, Debian sejak awal dapat berjalan pada beberapa processor, sampai release terbaru Debian dapat berjalan pada 11 arsitektur processor, yaitu Inteli386/i486/i586, Alpha, ARM, Intel IA-64, Motorola 68k, MIPS, PA-RISC, PowerPC, Sparc (dan UltraSparc), IBM S/390 dan Hitachi SuperH.

5. Debian mendukung beberapa kernel sekaligus (nyawa sistem operasi)

image

Dengan keunggulan-keunggulan diatas untuk mendapat lisensi penuh ,caranya bisa langsung mendownload file .ISO di situs resminya (www.debian.org)).  kita bisa mendapatkan CD Instalasi secara Gratis( hanya membayar penggantian CD/DVD+ongkos kirim) untuk wilayah distributor vendor debian Indonesia di :

image

Asumsi Biaya Rp. 0,-

Client


 
image

image

Adapun yang didapat dari membeli Windows ini antara lain CD dan Sertifikat kepemilikan.

(Harga Windows 7 Professional /Bhinneka)
Total Biaya = Rp 1.944.800 * 20 = Rp 38.896.000
Anti Virus
Anti Virus, menjadi salah satu piranti penting dalam mengamankan data-data perusahaan yang rentan dicuri dari pihak luar ataupun terkena serangan virus /malware pada umumnya, sehingga dibutuhkan antivirus yang telah teruji dengan hasil memuaskan dan tidak main-main. berdasarkan hasil referensi dan analisa dari TOP Tens (Top 10 Antivirus for Companies)  , Kaspersky menempati urutan pertama dalam kemampuan mendeteksi file bervirus (dari 200 file,198 diantaranya terdeteksi positif virus). Oleh karenanya, kami memilih salah satu produk dari Kaspersky, Produk Kaspersky juga ada banyak, oleh karenanya kami memilih khusus untuk bisnis UKM menengah, yaitu Kaspersky Small Office Security.




Lisensi tidak berlaku All-Time namun hanya untuk 1 tahun, dimana setiap masa habis berlakunya kita bisa melakukan renewal (perpanjangan).Dengan membeli Kaspersky Small Office Security ini kita biasanya mendapatkan CD-Kit berisi CD dan kertas panduan.


Asumsi 20 Komputer dengan masa lisensi 1 tahun
= $ 349(10 Komputer ) * 2
= $ 798 * Kurs Rupiah (Asumsi Rp 9.000)
= Rp. 7. 182.000,- 


Perangkat Lunak Sistem Informasi Perusahaan ;

Alasan menggunakan Open ERP dikarenakan vendor berbayar seperti SAP-ERP seperti dikutip dalam situs ini (Seberapa Mahal SAP-ERP) dikatakan eksklusif dan sangat mahal (biayanya bisa mencapai milyar-an Sleepy smile) sehingga bisa menghabiskan anggaran. Apalagi dengan tingkat perusahaan yang masih rendah-menengah, rasanya menggunakan software berbayar seperti SAP-ERP terasa terlalu “mewah”.

Meskipun  kami memilih penggunaan software opensource seperti OpenERP, kemampuan Open ERP tidak kalah dibandingkan dengan yang berbayar dan mampu menangani kegiatan pengelolaan perusahaan untuk tingkat rendah-menengah misalnya saja CRM,Human Resources, Warehouse Management, Purchase Management, Invoicing, dlsb. Meskipun demikian diperlukan biaya tambahan untuk pelatihan penggunaan software ini, yaitu biaya untuk pelatihan karyawan.

Kita bisa datang langsung ke kantor perwakilan OPEN ERP Indonesia (ADSOFT Indonesia) atau memesannya secara online di adsoft.co.id/contact-us.html , yang mana kita akan diberikan CD Instalasi dan Panduan.

Asumsi Biaya :
=Rp 0, belum termasuk biaya pelatihan para karyawan

Piranti Lunak Grafis
Meskipun perusahaan kami tidak bergerak di bidang grafika dan desain, namun beberapa komputer patut ditempati orang yang mampu menangani hal-hal yang berhubungan dengan desain agar mampu menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan grafis ketika dibutuhkan, misalnya saja untuk pembuatan desain logo, profil perusahaan, spanduk /  banner, iklan, dlsb.
Setidaknya ada 2 komputer yang harus menggunakan piranti lunak grafis, dalam hal ini kami menggunakan Adobe Photoshop CS 5, dan Corel Draw X5 yang memang memiliki banyak keunggulan seperti tool-tool yang berbasis freehand, komunitas banyk dan telah teruji,populer digunakan  dan tool-tool lengkap yang digunakan dalam pembuatan rancangan dan desain.

image
image
Total biaya yang dibutuhkan :
(1 Komputer)
= Rp 3.799.000 + Rp 6.999.000 = Rp 10.800.000
(2 Komputer) = Rp 10.800.000 * 2 = Rp 21.600.000

Ketika membeli Corel + Photoshop kita akan mendapat CD + Panduan Instalasi.

Piranti Lunak Pengolah Kata dan Angka
Kehadiran perangkat lunak pengolah kata dan angka juga penting digunakan untuk menunjang tugas dan pengelolaan sehari-hari. Sejauh apa yang kami dapat, software pabrikan Microsoft masih paling “perkasa” di bidang aplikasi perkantoran dan bisnis. Namun kita tidak perlu membeli semua paket office karena hanya akan menghabiskan anggaran untuk pemakaian yang tidak terlalu diperlukan. Microsoft Office Home & Business dengan isi paket Word,Excel,Power Point, dan Outlook sudah cukup untuk menangani kebutuhan-kebutuhan di perusahaan kami.

imageUntuk menghemat anggaran, kami menyarankan membeli lisensi 2 PC dengan harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan membeli 1 lisensi untuk 20 PC.
image
Total Biaya Perangkat lunak pengolah kata = $2.800 * Rp. 9.000 (kurs rupiah) =
Rp. 25.200.000
Resume
No
Jenis
Qty
Total Biaya
1 Sistem Operasi : Windows 20 Rp 38.896.000,-
2 Antivirus : Kaspersky 20 Rp. 7. 182.000,-
3 Perangkat lunak SI : OpenERP 20 Rp.                0,-
4 Perangkat lunak grafis :
Adobe Photoshop CS 5 + Corel Draw X5
2 Rp 21.600.000,-
5 Perangkat lunak pengolah kata :
Microsoft Office Home & Business
20 Rp. 25.200.000,-
       
  Total   Rp.  92.878.000,-
Memilih perangkat lunak untuk perusahaan dengan lisensi yang resmi memang tidak murah, apalagi bila kita menggunakan aplikasi berbayar. Pertimbangan memilih perangkat lunak yang digunakan harus sesuai kebutuhan sehingga biaya bisa ditekan menjadi lebih efisien. Pertimbangkan dalam memilih lisensi yang dibeli apakah untuk personal ataupun business karena biaya yang dibayar akan bisa ditekan bila kita langsung membeli perangkat lunak sekaligus.

Source :
Ranking: 5

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

 
 
© bambang sulistio | situs pribadi Moch. Bambang Sulistio | All Rights Reserved
www.bambangsulistio.web.id is continuation of bambangworld.blogspot.com