Perbedaan ENGLAND, UK, dan GREAT BRITAIN ?

on Kamis, 05 Juli 2012

England Flag Bendera Inggris bambangworld.blogspot.comGreat Britain Flag bambangworld.blogspot.com
Hari ini (5/7) dini hari di saat mengantuk dan baru bangun tidur, menghalau rasa sepi sayapun menonton TV. Tidak terasa ajang Wimbledon sudah sampai di perempat final, dan yang bermain kali ini adalah Andy MurrayAndy Murray bambangworld.blogspot.com
Andy Murray : Petenis kelahiran Skotlandia
yang berasal dari Great Britain (dalam tulisan layar TV), secara..Wimbledon diadakan di Inggris, gua kadang bertanya-tanya apa Perbedaan ENGLAND, UK, dan GREAT BRITAIN. Sekilas memang bikin galau juga, karena dalam sepakbola biasanya dikenal ENGLAND, dalam badminton justru kadang disebut GREAT BRITAIN, dan juga ENGLAND. Nah kan, bingung.. lalu apa dong Perbedaan ENGLAND, UK, dan GREAT BRITAIN ? Mari kita bahas bersama..


Dengan melihat tayangan ini mungkin bisa memperjelas perbedaan meskipun dalam bahasa Inggris.. :)
Great Britain Maps bambangworld.blogspot.com
England,Scotland,Wales,Great Britain mengacu pada bagian-bagian berbeda dari UK.Sejarah yang beragam antara England,Scotland,dan Wales telah membuat budaya dan tradisi yang berbeda juga.
UNITED KINGDOM : NEGARA DALAM NEGARA
United Kingdom bambangworld.blogspot.com

United Kingdom maps bambangworld.blogspot.com


Bambangworld quotes

Nama United Kingdom (UK) mengacu pada England,Scotland,Wales dan Ireland (Northern Ireland).Meskipun Irlandia sudah merdeka tapi Northern Ireland (Irlandia Utara) masih bagian dari UK.Nama resmi Inggris yang sebenarnya adalah “United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland”

GREAT BRITAIN : United Kingdom , tanpa Irlandia

image
Great Britain bambangworld.blogspot.com
Berbeda dengan UK,Great Britain adalah sebutan untuk kesatuan dari England,Scotland dan Wales.Orang Scotlandia dan  Wales kadang marah kalau mereka disebut orang Inggris atau referred to as “English”.Karena mereka tidak tingal di negara England dan mereka punya parlemen sendiri.Sering ada perbedaan jelas antara orang yang tinggal di masing-masing dari tiga negara di Great Britain.Hal ini karena berbagai kelompok masyarakat cenderung mengembangkan cara hidup dan kebiasaan mereka sendiri.Pusingnnya,dalam bahasa Indonesia,Britain dan England sama-sama diartikan Inggris,padahal sebenarnya beda.
Banyak orang berpikir bahwa orang inggris atau orang bule nyebutnya “English/England” adalah sama dengan orang British padahal bukan.Orang-orang inggris “English/England” adalah orang yang tinggal dan warga negara England.Di sisi lain,orang British adalah orang-orang yang tinggal di Great Britain (Britain/GBR) dan UK.Bingungkan?Padahal The Country of England ya termasuk bagian GBR sama UK juga tapi mereka ga mau disebut orang British tp English People.
Ya mungkin karena gengsinya yang tinggi.Apalagi kalo masalah sepakbola,mereka ga masalah punya parlement sendiri-sendiri dan punya satu perdana mentri yang sama tp mareka najis kalo punya satu tim sepakbola yang sama.Mereka maju sendiri-sendiri,ada Wales,England,Scotlandia dan lain-lain.
England, Great Britain bambangworld.blogspot.com

ENGLAND, THE ONE AND ONLY: Inggris

Inggris adalah negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland). Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Seringkali nama Inggris dipakai untuk menyebut keseluruhan negara ini.
Inggris yang wilayahnya meliputi 2/3 pulau Britania, berbatasan dengan Skotlandia di sebelah utara dan dengan Wales di sebelah barat.
Berbeda dengan Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara, Inggris tidak memiliki pemerintahan dan parlemen lokal (setingkat dengan DPRD) sendiri.
Tak heran kalau dalam sepakbola, Ireland, Inggris, dan Scotland berbeda tidak menyatu menjadi satu misal United Kingdom / Great Britain. Mungkin each of them punya alasan tersendiri untuk hal ini.
England Soccer team bambangworld.blogspot.comScotland Soccer team bambangworld.blogspot.comWales Soccer team bambangworld.blogspot.comIreland Soccer team bambangworld.blogspot.com
Keempat negara memang punya sejarah panjang, dan memang punya kemiripan tersendiri, kalau Indonesia, Malaysia, Brunei disatuin kayak gini bisa rukun ga yah ? heheh #illusion
Sudah jelas kan bedanya England, UK, dan Great Britain ?. Semakin cerdas kan ? singkatnya, UK itu 4 negara, GBR 3 Negara, dan England originally the one and only Inggris yang biasa kita sebut… terimakasih sudah membaca dan berkunung, jangan lupa untuk tinggalkan komentar yah. Selamat pagi… Smile
Sumber:
http://www.youtube.com/watch?v=rNu8XDBSn10
http://ayodonkbaby.wordpress.com/2012/02/29/perbedaan-antara-englanduk-dan-great-britain/
http://id.wikipedia.org/wiki/Inggris
Ranking: 5

2 comments:

  1. baru tau ternyata itu bendera england dari perkawinan 2 bendera .
    :v

    BalasHapus

 
 
© bambang sulistio | situs pribadi Moch. Bambang Sulistio | All Rights Reserved
www.bambangsulistio.web.id is continuation of bambangworld.blogspot.com