Mengenal PHP yuk…

on Senin, 10 September 2012


PHP LogoBagi anda seorang web developer pasti udah ga asing sama yang namanya PHP (Personal Home Page).  Nah sebelum masuk ke tahapan codingnya, kita harus terlebih dahulu Mengenal PHP yuk…, karena dengan Mengenal PHP sebelum masuk ke coding nya, ada baiknya terlebih dahulu mengenal ‘sedikit’ seluk beluknya, pasti akan menambah pengetahuan kita , jadi ga clingak clinguk kalau ditanya sama orang, langsung aja yuks…

founder PHP, Rasmus Leerdrof
founder PHP, Rasmus Leerdrof
Mengenal PHP yuk dimulai dari sejarahnya dulu. PHP ini dikembangkan oleh seorang Ahli Komputer bernama Rasmus Leerdorf di tahun 1995, awalnya nih Rasmus hanya berniat membuat script yang mampu merekam informasi visitor (pengunjung) halaman webnya, juga untuk menampilkan jumlah pengunjung yang ada di situsnya itu.
Nah ternyata script buatan Rasmus disukai oleh banyak orang dan developer web, akhirnya di tahun 1997 dikembangkan lagi dengan bahasa C dengan cara mengkonversikan data yang ada di file html menjadi sebuah variabel, nah dengan cara ini penggunaan PHP semakin meluas dan dikenal lah istilah PHP-Fi . Apaan tuh ? PHP-Fi merupakan singkatan dari Personal Home Page- Form interpreter.
Tidak berhenti disitu, di tahun 1998, tepatnya tanggal 3 Juni, diresmikan lah team developer yang berminat untuk mengembangkan bahasa PHP, dan dibuatlah versi ke-3 dari bahasa PHP ini. Mantap yah.
Nah di awal 1999, Zeev Suravski dan Andi Gutsman me-rewrite PHP Parser + Zend Scripting yang membuat bahasa PHP semakin digemari , tercatat 1 juta lebih situs sudah memakai bahasa PHP ini, dikenal dengan PHP Versi ke-4.
13 Juli 2004, Evolusi PHP besar-besaran terjadi, karena PHP sudah mendukung banyak layanan di Internet seperti XML, Web Service, dan SQLite, yang membuat PHP semakin ajiiiib aja, tak heran 19 juta situs lebih menggunakan bahasa PHP di masa-masa ini berdasarkan survei Netcraft.
Sekarang versi PHP sudah berkembang pesat dan sudah mencapai versi 5 (CMIIW). Saya juga tidak tahu persis sekarang berapa jumlah situs yang pakai PHP tapi pasti banyak sekali mengingat situs mulai dari e-commerce, hingga Sistem Informasi memakai bahasa PHP. Termasuk juga Facebook , situs jejaring sosial paling top di planet ini.

PHP dan HTML ? Ngapain belajar PHP ?

Pertanyaan klasik dan dasar banget  kalau udah ada HTML + CSS + Javascript dkk. ngapain belajar PHP, nah intinya HTML tidak bisa merubah suatu halaman secara langsung oleh user, bila diinginkan suatu perubahan, user sendiri harus membuka halaman HTML nya sendiri dan merubah sendiri apa yang diinginkan, tidak seperti halnya dengan PHP setiap perubahan yang dilakukan user langsung ter-update dan terjadi secara simultan. Misalnya Pengisian Formulir, dlsb. Selain itu halaman Admin di PHP memudahkan administrator web mengubah komposisi halaman web nya secara cepat.
Nah nanti di pos berikutnya Insya Allah bakal diterangin mengenai MySQL . So. Pantengin ya…Selamat Malam…Laughing out loud

Gimana ? Sudah ada pencerahan mengenai Perkenalan PHP kali ini, semoga bermanfaat ya, reader...
Ranking: 5

1 comments:

 
 
© bambang sulistio | situs pribadi Moch. Bambang Sulistio | All Rights Reserved
www.bambangsulistio.web.id is continuation of bambangworld.blogspot.com